Manfaat Serta Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

MANFAAT TEMULAWAK.Temulawak merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Apalagi bagi penggemar herbal, temulawak dan berbagai macam varian olahannya sudah menjadi salah satu herbal paling diminati karena berbagai macam khasiatnya bagi kesehatan. Tanaman temulawak merupakan tumbuhan herbal asli indonesia, yang sudah terkenal sejak jaman nenek moyang kita, dan digunakan sebagai obat untuk kesehatan dan penyembuhan berbagai macam penyakit. Bagian yang banyak dimanfaatkan yaitu akar atau juga sering disebut rimpang. Akar inilah yang diolah menjadi berbagai obat herbal temulawak. Dalam bahasa latinnya tanaman temulawak dikenal dengan nama Curcuma xanthorrhiza Roxb dan termasuk ke dalam famili Zingiberaceae. 

gambar temulawak
Orang tua kita umumnya memanfaatkan temulawak sebagai obat penambah nafsu makan untuk anak kecil. Padahal masih banyak khasiat lain dari tanaman temulawak ini, khususnya bagian rimpang/akarnya. Kandungan kimia dan senyawa yang terdapat dalam rimpang temulawak sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain : minyak atsiri, yang terdiri atas kamfer, glukosida, fellandrean, tumerol (sering disebut minyak menguap,protein, karbohidrat, foluymetik karbinol, serat alami, xanthorrhizol, germakron dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu). 

Temulawak juga memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri pada sendi. Tidak mengherankan jika kandungan senyawa dalam tanaman rimpang temulawak ini pernah diteliti dan dibandingkan dengan tanaman herbal dari negeri korea yang sangat terkenal, yaitu tanaman ginseng, dan hasil penelitiannya menyatakan bahwa tanaman obat temulawak memiliki senyawa yang lebih lengkap dan komplek dibandingkan dengan tanaman ginseng. Oleh karenanya khasiat temulawak lebih beragam dibandingkan dengan khasiat tanaman ginseng. 

 Berikut ini merupakan beberapa manfaat serta khasiat temulawak bagi kesehatan tubuh :
1. Antiseptik dan antibakteri alami terutama berguna untuk mengobati luka bakar
2. Penawar rasa sakit alami, terutama ketika masa menstruasi pada wanita 
3. Sebagai pengencer darah dapat membantu mencegah serangan jantung atau stroke 
4. Dapat membantu kontrol metabolisme lemak dalam tubuh dan kadar kolesterol 
5. Detox alami untuk liver atau hati, untuk penyembuhan penyakit kuning/liver. Kandungan kurkumoid dan minyak atsiri dalam temulawak dapat meregenerasi sel-sel hati yang mengalami kerusakan karena racun kimia dengan cepat 
6. Anti-peradangan alami. Mengatasi gejala peradangan sendi (rematik) & serangan asam urat 
7. Meningkatkan kualitas juga jumlah ASI 
8. Memperbaiki metabolisme sistem pencernaan tubuh 
9. Meningkatkan vitalitas tubuh 
10.Kandungan xanthorrhizolnya dapat berfungsi sebagai anti kariogenik yaitu pencegah berkembangnya bakteri perusak gigi 
11.Mengatasi maag 
12.Mengatasi Sakit kepala 
13.Mengatasi Masuk angin 
14.Mengatasi Sembelit dan diare 
15.Mengatasi Ambein 
16.Menghilangkan Jerawat di wajah 
17.Untuk mengatasi Anemia.Minyak atsirinya mampu meningkatkan produksi cairan empedu dan menekan terjadinya pembengkakan dalam jaringan tubuh 
18.Mengatasi kencing nanah (sifilis) 
19.Mengatasi bau badan 
20.Mengobati batu empedu 
21.Dipercaya sebagai penambah nafsu makan untuk segala usia 

gambar ramuan temulawak
Selain manfaat dan khasiat diatas, saat ini tengah gencar diteliti manfaat dari kandungan kurkumin yang ada pada tanaman rimpang temulawak. Yaitu dapat berfungsi menghambat replikasi human immunodeficiency virus (HIV). Sebuah studi menunjukkan, senyawa kurkumin dapat menghambat tahap fusion sel virus pada siklus replikasi HIV. Berbagai studi terus dilakukan untuk mencari titik terang. Jika semua terbukti secara klinis, maka tanaman yang mengandung kurkumin akan semakin kaya manfaat. Dan Indonesia tentu akan turut berbahagia, karena tanaman itu adalah asli dari Bumi Pertiwi. Saat ini tanaman temulawak sudah banyak diolah secara modern untuk bisa dikonsumsi dengan lebih mudah, seperti dalam bentuk kapsul, minuman, cream dan serbuk serta campuran dengan madu dan herbal lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.


==================*********************************================

Bagi Anda yang ingin LEBIH PRAKTIS atau menyukai MADU, maka khasiat temulawak ini dapat Anda peroleh dalam bentuk PRODUK MADU KUAT INDRAJIT yang siap dikonsumsi langsung layaknya mengkonsumsi madu cair lainnya. 

kotak madu kuat indrajit

Catatan : Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes dan jantung karena mengandung herbal pasak bumi dan lada hitam. 

 Untuk pemesanan dan informasi lainnya mengenai temulawak dan Madu Kuat Indrajit, dapat menghubungi : Call / SMS : 087821830344 atau Pin:27C69F90

0 komentar